Anggur Bikin Awet Muda

Semakin bertambah usia, kerutan dan garis-garis halus akan timbul pada wajah, serta kulit menjadi kendur. Akibatnya, wajah akan terlihat tua. Meski demikian, usia muda juga bisa mengalami penuaan dini. Ada beberapa penyebab timbulnya penuaan dini seperti stres, makanan dan gaya hidup yang tidak sehat hingga radikal bebas. Namun, penuaan dini dapat dicegah. Buah-buahan dapat dijadikan salah satu bahan untuk mencegahnya, diantaranya adalah buah anggur yang kaya dengan anti oksidan.

Anggur mengandung resveratrol yang berperan menutrisi kulit, melindungi kulit dari sinar ultraviolet serta mencegah kanker kulit. Anggur kaya akan kandungan mineral mangan yang diperlukan tubuh dalam menyintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk memetabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Selain itu, anggur juga mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Keduanya mampu menghambat berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam anggur juga dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, kanker dan penyakit-penyakit lainnya akibat penuaan.

Kandungan vitamin C, B1, B6 dan K dalam anggur sangat tinggi. Kandungan vitamin C dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Vitamin B6 sangat penting bagi otak agar dapat berfungsi normal. Di samping buahnya, kulit anggur juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Kulit anggur memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin dan antosianin. Resveratrol dapat ditemukan pada sebagian besar kulit anggur. Zat ini membuat awet muda dan mencegah kanker. Untuk mendapatkan manfaat anggur, maka sebaiknya konsumsi anggur secara rutin.

Selain perawatan dari dalam dengan makan anggur, manfaat buah ini akan semakin maksimal didapatkan bila juga dijadikan masker sebagai perawatan dari luar. Manfaat masker anggur adalah menghilangkan garis-garis halus di wajah dan mengencangkan kulit wajah. Cara membuat masker anggur, bersihkan anggur secukupnya, lalu masukkan anggur ke dalam mangkul. Selanjutnya, memarkan anggur menggunakan ulekan sehingga airnya keluar. Tidak dianjurkan menghaluskan buah anggur memakai blender karena nanti hasilnya terlalu cair.

Selanjutnya, hancurkan biji anggur karena antioksidan tertinggi ada di bagian bijinya. Masker anggur dapat dicampurkan dengan yoghurt murni dengan perbandingan 1:1, lalu ditambahkan sedikit madu dan minyak zaitun. Setelah selesai, oleskan anggur secara merata pada wajah. Biarkan minimal 20 menit hingga kandungan buah anggur meresap ke dalam kulit.

Setelah itu, wajah dibersihkan dengan air hangat. Setelah menggunakan masker, hasilnya kulit akan terasa lebih kencang dan segar. Dianjurkan menggunakan masker anggur secara rutin tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu penggunaan cream wajah yang baik dan aman seperti Cream Elora akan sangat membantu wajah tampil lebih sehat dan cantik.